Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Jum’at tepat pada tanggal 08 Juni 2012 M, saya browsing di internet tentang berapa biaya untuk mengurus surat keterangan bebas narkoba (SKBN), setelah saya googling ternyata saya tidak menemukan data yang pasti dan akurat mengenai biaya pembuatan surat keterangan bebas narkoba (SKBN) tersebut.

Surat itu saya butuhkan untuk memenuhi salah satu persyaratan melamar pekerjaan di BUMN karena saya dinyatakan lolos ke tes tahap tiga, ketika itu persyaratan yang belum lengkap adalah Surat keterangan bebas narkoba (SKBN) tersebut.

Hasil yang saya temukan di internet mengenai berapa anggaran biaya untuk mengurus surat keterangan bebas narkoba bermacam ragam, ada yang mengatakan Rp 50.000 sampai ada yang mengatakan Rp. 200.000 untuk pengurusan tersebut. Namun sayangnya harga yang tepat menurut keputusan yang berlaku tidak saya temukan.

Hasil yang saya dapatkan dari browsing mengenai hal surat keterangan tersebut adalah tips-tips untuk mengurus surat tersebut diantaranya, kita yang ingin mengurus surat keterangan SKBN hendaklah meminta surat tersebut di rumah sakit pemerintahan, itupun biayanya bermacam-macam di jelaskan dari tulisan yang menulis tentang surat keterangan bebas narkoba tersebut.

Ada tips paling jitu bahwa ketika hendak mengurus SKBN lebih baik mengurusnya di rumah sakit kepolisian karena biayanya relatif murah dan pengurusannya pun tidak lama, memakai waktu sekitar 30 menit jika pengujung tidak ramai di rumah sakit itu. Akhirnya, saya  berangkat dari kediaman saya menuju ke rumah sakit kepolisian yang berada di kota padang, karena saya saat ini menetap di kota padang.

Saya mengunjungi Rumah Sakit Bhayangkara (Kepolisian) di daerah Jati, sesampai disana saya menanyakan kepada petugas tentang prosedur pengurusan surat keterangan bebas narkoba dan saya disarankan ke ruangan belakang tepatnya di ruangan kasir.

Sesampai di kasir saya menanyakan, siang buk, saya mau mengurus surat SKBN lalu pegawai yang bertugas saat itu melayani dengan baik sialhkan tulis nama lengkap di kertas ini dan silahkan isi biodata sesuai aturan yang berlaku, kebetulan format penulisan SKBN sudah ada tertempel di jendela kasir tersebut, kemudian saya menulis bioadata lengkap sesuai petunjuk yang ada di rumah sakit tersebut. Setelah itu kasir menerima biodata diri saya, dan memberikan faktur pengurusan SKBN tersebut totalnya sebesar Rp. 70.000.

Setelah itu saya disarankan karyawan rumah sakit menuju POLI II setelah itu di suruh menuju ruangan laboratorium dan mengambil tabung botol dan menuju toilet karena untuk mendapatkan SKBN kita harus melakukan tes urine setelah itu menunggu hasil dari laboratorium.

Kemudian, nama anda akan di panggil dan selesai lah sudah pengurusan SKBN dengan hasil yang telah di uji dari laboratorium dan ditulis dalam kertas selembar yang berisikan biodata lengkap dan hasilnya sesuai dari pengujian laboratorium, Alhamdulilah hasil untuk saya NEGATIF.

Kemudian saya menuju komplek tempat saya tinggal dan merasa lega karena persyaratan saya sudah lengkap. Bagi sahabat-sahabat yang ingin mengurus SKBN, saya membagikan pengalaman saya dalam mengurus SKBN di rumah sakit.

Alasan saya menuliskan hal ini, karena dari hasil pengamatan saya di media online tidak ada di jelaskan berapa biaya pengurusan SKBN tersebut saya membagikan pengalaman ini, supaya sahabat-sahabat tidak kebingungan seperti yang saya alami ketika hendak mengurusnya.

Mengenai harga pasti dan sesuai ketentuan berlaku saya tidak tahu pasti, namun ketika saya mengurus SKBN di salah satu rumah sakit yaitu Rumah Sakit Bhayangkara di daerah Jati (kota Padang) saya di kenakan biaya sebesar Rp. 70.000, biaya ini menurut penilaian saya adalah biaya termurah jika di bandingkan dengan hasil pencarian saya di internet yaitu ada yang mengatakan biaya nya sebesar Rp 50.000 sampai ada yang mengatakan sebesar Rp. 200.000.

Bagi sahabat2 yang hendak mengurus SKBN saya paparkan pengalaman saya semoga teman2 jika hendak mengurus SKBN tidak agak repot karena tulisan ini sebuah pengalaman dalam pengurusan SKBN, karena saya juga kewalahan mau mengurus SKBN dimana, biayanya berapa. Mudah2han dengan adanya tulisan ini bisa membantu sahabat2 dalam mengurus SKBN. Salam Sukses.

Padang, Jum’at, 08 Juni 2012

By            : Jumi-E

Notaris : Jaga Hatimu Di Kota Padang

13 responses to this post.

  1. Posted by idunizer days on Juli 29, 2012 at 2:40 pm

    terima kasih infonya..sangat membantu sekali..

    Balas

  2. Posted by dQ on Oktober 20, 2012 at 6:28 am

    duh, saya niat mau buat t surat SKBN senen 22 OKtober 2012, tp bbrapa teman kena biaya 100-190rb, it di RS selevel provinsi,,,
    pdhal kl emang ternyata cman tes urin saja, knp bs semahal it y?

    Balas

  3. yo bro tes urine aj yg jadi dlm 10 menit kurang harganya 100-150 rb mencekik bngt yaaa

    Balas

  4. Posted by didit hari kuswanto on Januari 23, 2013 at 3:05 am

    di puskesmas sekitar 5-15 rb rupiah saja

    Balas

  5. SKBN udah gabung ma surat ket sehat ga?

    Balas

  6. Posted by erna on Mei 30, 2013 at 4:56 pm

    walah di kariyadi semarang hanya ada di pavilyun garuda mahalnya minta ampun sampai 380.000, wuah gak masuk akal untuk blum jadi karena malamnya saya lupa minum neozep mungkin kerumah sakit bayangkara ja deh, trim tipnya

    Balas

  7. kalau di jkarta dimana ngurusnya yah

    Balas

  8. Posted by Wisnu on Agustus 1, 2013 at 1:50 pm

    saya biki di RSUD saya total 230an.. -,-

    Balas

  9. Posted by reza on Agustus 29, 2013 at 6:04 am

    ada yg cuma 17500 di RSUD, tapi itu karena 1 tes narkoba.
    umunya untuk persyaratan kerja butuh yang 3 atau 5 atau 7 tes.
    Standar RSUD atau POLRES itu biasanya 3 tes kok.

    kemaren saya tes di RSUD palembang Mohammad Husein
    itu beli karcis 18 ribu, tes narkoba 138 ribu, tes kesehatan 14 ribu
    total 170 ribu. itu 3 tesnya (morphin, THC, Amphetamin)
    sekian :)

    Balas

Tinggalkan Balasan

acosyssumbar

Software & Program Kasir, Toko, Gudang, Apotek, Rumah Makan, Hotel, Rumah Sakit, Laundry, dan lain-lain ( Padang - Bukittinggi - Pariaman - Solok - Pasaman - Sawahlunto - Pesisir )

Bang Ori Gagah

Kepada Dzat Maha Gagah, Ku Berserah dan Pasrah

Marketing Tulen

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

Pelataran Villa Jumi-E

Jaga hatimu di Kota Padang

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

