Gizi Buruk Di Negara Kesatuan Republik Indonesia (Selamat Hari Gizi Indonesiaku)

Pola Makan Sehat Untuk Ibu Hamil

Gizi adalah elemen yang terdapat dalam makanan dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh seperti halnya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Gizi yang seimbang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih pada balita yang masih dalam masa pertumbuhan. Dimasa tumbuh kembang balita yang berlangsung secara cepat dibutuhkan makanan dengan kualitas dan kuantitas yang tepat dan seimbang.

Pada hari ini, Tanggal 25 Januari 2013 adalah hari peringatan secara nasional hari gizi dan makanan yang pada hari ini dan tanggal ini juga diperingati hari peringatan penyakit kusta secara nasional. Hari ini janji masa depan cerah Indonesia, sebagaimana yang divisikan sejak proklamasi kemerdekaannya seolah mengalami kematian suri.

Badan Pusat Statistik memperkirakan, jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2010 mencapai 234,2 juta atau naik dibanding jumlah penduduk 2000 yang mencapai 205,1 juta jiwa. Sekitar 37,3 juta penduduk hidup di bawah garis kemiskinan, separo dari total rumah tangga mengonsumsi makanan kurang dari kebutuhan sehari-hari, lima juta balita berstatus gizi kurang, dan lebih dari 100 juta penduduk berisiko terhadap berbagai masalah kurang gizi.

Bocah-Gizi-Buruk
Berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah untuk mencegah bertambahnya jumlah kasus gizi buruk. Namun, di negeri yang dikatakan gemah ripah loh jinawi ini masih terus ditemukan anak balita yang mengalami gizi buruk. Jika berpijak pada data Unicef (2006), jumlah balita penderita gizi buruk merupakan kandidat busung lapar di Indonesia sudah mencapai 2,3 juta jiwa. Ini berarti naik sekitar 500.000 jiwa dibandingkan dengan data tahun 2005 sejumlah 1,8 juta jiwa. Jumlah tersebut belum termasuk anak-anak yang menderita kekurangan gizi mikro, yaitu zat besi, yodium dan vitamin A yang menyebabkan kekeringan selaput ikat mata karena kekurangan vitamin A. Masalah gizi buruk masih dialami oleh anak-anak di berbagai daerah di Indonesia dari tahun ke tahun. Hal ini menjadi potret buruk pemenuhan kebutuhan mendasar bagi masyarakat Indonesia.

gizi1
Gizi buruk menjadi perhatian masyarakat ketika media mengangkat kasus-kasus meninggalnya anak-anak di banyak daerah karena malnutrisi. Pada awal tahun 2008 ini, kasus gizi buruk kembali mengemuka. Media massa merilis angka yang disebutkan sebagai jumlah temuan kasus gizi buruk pada anak dari tahun 2004 hingga 2007. Itulah sebagian gambaran tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia yang perlu mendapat perhatian sungguh-sungguh untuk diatasi. Apalagi Indonesia sudah terikat dengan kesepakatan global untuk mencapai Millennium Development Goals (MDG’s) dengan mengurangi jumlah penduduk yang miskin dan kelaparan serta menurunkan angka kematian balita menjadi tinggal separo dari keadaan pada tahun 2000.

kekurangan gizi
Pada tahun 2012, Indonesia Negara kekurangan gizi nomor 5 di dunia. peringkat kelima karena jumlah penduduk Indonesia juga di urutan empat terbesar dunia, Jumlah balita yang kekurangan gizi di Indonesia saat ini sekitar 900 ribu jiwa. Jumlah tersebut merupakan 4,5 persen dari jumlah balita Indonesia, yakni 23 juta jiwa. Daerah yang kekurangan gizi tersebar di seluruh Indonesia, tidak hanya daerah bagian timur Indonesia.

GiziBuruk

Adakah siksaan yang lebih buruk dari menderita gizi buruk..??
Ketika kita adalah satu2nya harapan mereka, Masih pedulikah Kita dengan potret anak bangsa spt itu, Saat ini Indonesia peringkat 5 sebagai negara penyandang gizi buruk di dunia.

Gizi_buruk_1
Selamat Hari Gizi Indonesiaku

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

acosyssumbar

Software & Program Kasir, Toko, Gudang, Apotek, Rumah Makan, Hotel, Rumah Sakit, Laundry, dan lain-lain ( Padang - Bukittinggi - Pariaman - Solok - Pasaman - Sawahlunto - Pesisir )

Bang Ori Gagah

Kepada Dzat Maha Gagah, Ku Berserah dan Pasrah

Marketing Tulen

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

Pelataran Villa Jumi-E

Jaga hatimu di Kota Padang

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: