KULIAH KERJA NYATA (Tips KKN Buat Rekan-Rekan Mahasiswa/I)

Setiap Mahasiswa dan mahasiswi  menjelang penyusunan tugas akhir (skripsi) dituntun untuk kuliah kerja nyata (KKN) sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan tersebut diarahkan untuk membiasakan mahasiswa/I beradaptasi dan  dan bergaul dengan lingkungan masyrakat karena selepas mahasiswa/I lulus nantinya akan bertemu dan berhadapan langsung ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat .

Untuk itu, sebelum mahasiswa dan mahasiswi terjun di tengah-tengah masyarakat di adakanlah kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) untuk mengindari resiko dan rasa ketakutan serta kekakuan.

Dengan kata lain Kuliah kerja nyata (KKN) adalah sebagai  langkah awal untuk mahasiswa dan mahasiswi berkomunikasi dan berhadapan langsung dnegan kehidupan khalayak banyak.

Sebahagian mahasiswa dan mahasiswi yang akan mengadakan KKN atau Kuliah Kerja Nyata mengangap hal itu sangat menakutkan. Ditempatkan di desa terpenci,  nggak  ada listrik, susah air, susah makan dan lain-lain.

Akan tetapi semua itu akan menjadi beban bila kita menganggap KKN atau Kuliah Kerja Nyata ini tidak  tulus dan hanya sekedar mencari nilai. Tapi cobalah nikmati segala tantangan dan hal baru ketika para rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswi yang menunaikan  KKN atau Kuliah Kerja nyata agar tersenyum dan bersemangat dalam menjalani KKN atau Kuliah kerja nyata tersebut.

Karena  seperti pengalaman saya dalam menjalani KKN selama 2 bulan di Desa koto marapak kenagarian sei. Tunu barat kecamatan ranah pesisir kabupaten pesisir selatan hal ini terasa sangat asyik dan banyak memberikan pengalaman dan hal baru yang justru membuat saya belajar banyak tentang kehidupan.

Saya dan rekan-rekan mahasiswa yang satu lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) berasal dari salah satu perguruan tinggi islam negeri di sumatera barat yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang. Saya menempuh perkuliahan di Jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin, kelompok KKN saya berjumlah 7 orang.

Di kampus IAIN Imam Bonjol Padang, Agenda KKN selalu dijadwalkan pada momen bulan ramadhan sampai hari raya idhul fitri, pada saat itu kami menjalani kegiatan KKN pada periode ke – 36.

Saya akan membagikan beberapa tips kepada rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswi di manapun menempuh jenjang pendidikan dan saya akan membagikan tips-tips agar KKN berjalan lancer selama dalam waktu yang di tentukan, hal ini saya khususkan buat rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswi di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang. Berikut adalah Tips sukses KKN/Kuliah Kerja Nyata:

1. Ikuti pembekalan KKN

Ikutilah pembekalan KKN, Karena disitulah kita akan mendapatkan gambaran tentang desa yang akan kamu tempati selama 2 bulan namun khusus Di IAIN IB Padang saat ini jadwal KKN di persingkat menjadi 1 Bulan berbeda dizaman saya dan rekanrekan mahasiswa/I mengikuti KKN.

Biasanya akan diberikan juga pengetahuan tentang budaya, adat istiadat serta kebiasaan warga tempat desa yang akan ditempati untuk KKN. Serta ada materi tentang bagaimana cara menjalankan program kerja dan pendekatan terhadap masyarakat agar program kerja selama 1 atau 2 bulan suatu kelompok berhasil dan sukses. Serta hal-hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama KKN yang diadakan selama 1 bulan di desa atau tempat tinggal tersebut.

ketika waktu untuk pemberangkatan mahasiswa dan mahasiswi mengerti tentang apa yang harus di lakukan dan bagaimana menjaga sikap. Serta banyak hal penting lain yang akan di dapatkan selama pembekalan KKN selain 30 % mempengaruhi nilai KKN.

Untuk itu, sangat saya sarankan atau wajib untuk mengikuti pembekalan KKN karena ini sangat penting bagi mahasiswa dan mahasiswi yang belum mengerti untuk apa KKN, ngapain aja selama 1 atau 2 bulan,  terus apa hasilnya.
 2. Lakukan Survey Santai dan Serius

Survey adalah tahap “Pendekatan ” sebelum mahasiswa dan mahasiswi benar-benar tinggal di tempat/desa yang akan di tinggali selama 1 bula. Dengan mengetahui bagaimana keadaan desa, kebiasaan masyarakat didesamu, bagaimana agar akrab dg Pak Kepala Desa (Pak Kapalo Kampung) serta sambil merencanakan program kerja apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk membuat desa/tempat KKN tersebut lebih maju.

Cari masalah apa saja yang ada di desa tersebut dengan cara lebih mendekatkan diri pada pak kepala desa dan bertanya secara sopan agar beliau mau bercerita ada apa saja di desa itu, semakin banyak bertanya semakin banyak informasi yang di dapatkan tentang desa tersebut.  Sehingga bias untuk memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Seriuslah ketika mengadakan survey, jangan asal memenuhi kewajiban untuk minta tanda tangan pak kepala desa tersebut. Karena disinilah mahasiswa dan mahasiswi diuji bagaimana cara berpikir untuk membuat program kerja apa yang tepat selama tinggal 1 bulan di desa tersebut serta masalah apa saja yang ada di desa yang akan di tempati sekaligus program kerja apa yang tepat untuk menjadi solusi dan dilaksanakan di desa itu.

Contoh :

Selama Survey KKN saya mendapati bahwa masjid sepi dan tidak ada mengadakan pengajian dan santri/satriwati kekurangan guru ajar, sehingga bias dikatakan konsep keagamaan kurang berjalan di desa tersebut. Jadi bias ditentukan tema untuk mengadakan KKN seperti “Melalui KKN IAIN IB Padang mari kita tingkatkan konsep keberagamaan di desa, Bersama kita meraih ridha-Nya” .

3. Program Kerja Yang Logis

Setelah melakukan survey tentu kita akan membuat sebuah program kerja dan rancangan program kerja selama 1 bulan. Artinya buatlah program-program kerja yang logis dengan memikirkan waktu HANYA 1 bulan dan jangan menjanjikan program kerja yang sifatnya ber-bulan-bulan yang tidak akan terselesaikan selama 1 bulan yang akhirnya akan membuat kecewa serta janji belaka.

Ini penting sekali, Selain membuat program kerja yang dilaksanakan untuk mencari solusi atas masalah desa itu. Mahasiswa dan mahasiswi juga harus memikirkan bahwa kita sementara dan tidak selamanya di desa itu. Untuk itu, Program kerja yang logis untuk di laksanakan selama 1 bulan.

Apakah program kerja di desa yang sekiranya tepat dan bisa di kerjakan selama 1 bulan atau bisa saja memikirkan program kerja jangka panjang asalkan mengikutkan masyarakat dalam proses pelaksanaan program kerja tersebut dengan cara partisipasi dari masyarakat setempat.

Dengan begitu setelah mahasiswa dan  mahasiswi yang tinggal selama 1 bulan dari desa tersebut bias menciptakan masyarakat yang mandiri dan sadar untuk menjalankan program tersebut pasca program KKN telah selesai di laksanakan.

Sedikit saran buat yang akan mengadakan KKN terkhusus buat adik-adik mahasiswa di kampus IAIN Imam Bonjol Padang lakukanlah program kerja jangka pendek dan logis. Jangan terlalu muluk, banyak lebih baik sedikit tapi bermanfaat dan junjung tinggi serta ajarkan program keagaamaan karena kegiatan berada di bulan mulia bentuk lah kelompok pengajian buat bapak-bapak dan ibu-ibu dsampai kepada naka-anak karena hal itu kegiatan yang sangat menyentuh dan merupakan amal ibadah di sisi Allah SWT.

4. Pembagian Job Description

Dalam KKN atau Kuliah kerja Nyata para mahasiswa dan mahasiswi dibagi menjadi kelompok-kelompok yang biasanya terdiri dari 5-7 orang tiap kelompok. Untuk memaksimalkan waktu 1 bulan selama KKN.Pembagian Job Description atau pembagian tugas masing-masing orang.

Mulai dari sekretaris, bendahara, ketua serta yang lebih spesifik itu sangat penting. Seperti contoh karena ini contoh kasusnya di pesisir selatan yang bagi sebagian teman-teman akan sulit berkomunikasi dengan warga sekitar karena kendala bahasa, itu artinya harus ada tugas khusus ke teman-teman yang merupakan putra daerah asli pesisir untuk “menemani” ngobrol atau media komunikasi kepada masyarakat. saya justru belajar banyak tentang bahasa pesisir selatan ketika KKN karena terbiasa berinteraksi dengan orang pesisir selatan sampai sekarang setelah wisuda dan bekerja bahasa itu sesekali terucap. He he he.

5. Rapat Evaluasi Kerja

Rapat Evaluasi adalah kegiatan Wajib SETIAP HARI, Kenapa saya tekankan SETIAP HARI. Karena untuk monitoring kegiatan apa yang sudah dilakukan selama sehari ini. kegiatan apa yang harus dilakukan besok dan untuk melaksanakan dan memastikan program kerja di proposal dapat dilaksanakan semua.

Serta laporan keuangan setiap hari, mulai dari pengeluaran hari ini, saldo uang kas dan lain-lain. Dengan laporan keuangan, target program kerja ini agar selalu mengingatkan kita untuk menyelasikan program kerja kita selama 1 bulan.

Agar tidak terlena sudah 1 bulan ternyata program kerja tidak ada yang jalan. Jadi wajib lah untuk meng-evaluasi kegiatan kita SETIAP HARI. Selain itu semua, bagi saya di saat Rapat Evaluasi SETIAP HARI inilah saya menemukan kebersamaan kelompok, cerita, canda, tawa,sedih dan curhatan teman-teman menyelingi RAPAT evaluasi yang biasanya dilaksanakan setelah magrib/atau setelah makan karena KKN IAIN IB Padang di bulan Ramadhan sebelum tarawih dan setelah berbuka saling bercerita tentang pengalaman seharian melaksanakan KKN, Kangen suasana itu.

6. Pikirkan acara incidental di luar program kerja

Selain program kerja yang kita buat pada proposal hal-hal yang insidental atau tiba-tiba baru muncul ketika kita sudah tinggal di tempat/desa tersebut kadang baru muncul. Karena tidak menutup kemungkinan selama survey kita kurang jeli mendapatkan informasi dan kurang teliti menangkap informasi. Jadi jangan ragu untuk melakukan sebuah kegiatan baru di luar program kerja yang ada di luar Proposal program kerja kita. Bahkan justru ini menurutku yang lebih mengena. Serta lebih bermanfaat bagi warga sekitar.

7. Jangan sungkan komunikasi dengan dosen pembimbing

Setiap kelompok sudah pasti punya dosen pembimbing. jangan sungkan ber-komunikasi dengan dosen pembimbing kelompok kalian. Karena sudah menjadi tanggung jawab dosen pembimbing untuk membimbing anak bimbinganya terlebih bila anak didiknya mendapati masalah selama KKN. Curhat saja kalau ada masalah selama KKN langsung komunikasikan.

8. Hindari konflik utamakan tujuan.

Perbedaan latar belakang serta perbedaan pendapat dengan sesama anggota kelompok biasanya akan terjadi. Hindarilah konflik yang hanya akan membuat kalian tidak nyaman dan menganggu produktifitas kelompokmu dalam menjalankan program kerjamu. Utamakan tujuan kalian yakni KKN buat sehebat mungkin dan se-sukses mungkin. Apabila ada konflik segera duduk bareng dan selesaikan di rapat evaluasi SETIAP HARI tersebut. Agar tidak berlarut-larut dan malah menjadi tidak karuan.

9. Kerjakan sekarang laporan KKN.

Untuk yang satu ini adalah mengenai laporan KKN/Kuliah kerja Nyata dimana selain kita 1 bulan dalam perantauan kita juga harus ingat kita punya kewajiban kelompok untuk melaporkan segala kegiatan/program kerja apa saja yang telah dilaksanakan.

Agar tidak membebani setelah KKN dilaksanakan lebih baik segera dan lakukan laporan setiap kegiatan selesai dilaksanakan. Artinya yah dikerjakan program kerja serta diselesaikan juga laporanya saat itu juga, jangan menunggu selesai KKN baru dikerjakan. Ini akan menyusahkan kalian untuk mengerjakan laporan Akhir KKN. Jadi, Lakukan sekarang juga.

Selain beberapa tips KKN diatas. Berikut ada hal lain yang juga harus diperhatikan selama KKN. Demi lancarnya kuliah kerja nyata tersebut yaitu:

a) Perbanyaklah bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

b) Minggu pertama maksimalkan untuk keliling kampung.

c) Kendala bahasa jangan jadikan alasan untuk tidak ber interaksi.

d) Berbuatlah sekecil apapun yang kamu bisa.

e) Senyum salam sapa


“Semoga Bermanfaat Dan Yakinlah Allah Bersama Orang Berjuang”

Padang, 3 Juli 2012

By           : Jumi-E

Present : Jaga Hatimu Di Kota Padang. 

5 responses to this post.

  1. Posted by Land on Mei 8, 2013 at 2:52 pm

    Terima Kasih,artikel dari anda sangat bermanfaat bagi kami yang akan melaksanakan KKN.

    Balas

  2. thank’s boss infonya,,,,

    Balas

  3. info yg mnrik

    Balas

  4. terimakasih tipsnya sangat bermanfaat buat kita

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Aconsultant System Ritel Sumatera Barat

Software & Program Kasir, Minimarket, Gudang, Apotek, Rumah Makan, Hotel, Rumah Sakit, Laundry, dan lain-lain ( Padang - Bukittinggi - Pariaman - Solok - Pasaman - Sawahlunto - Pesisir )

Bang Ori Gagah

Kepada Dzat Maha Gagah, Ku Berserah dan Pasrah

Marketing Tulen

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

Pelataran Villa Jumi-E

Jaga hatimu di Kota Padang

%d blogger menyukai ini: