PERSAHABATAN & CINTA (NOVEL AI)


Tentang novel AI ini, pertama kali nggak tertarik karena aku kira ini salah satu novel terjemahan. Aku menyangka demikian karena dari gambar sepertinya setting cerita bukanlah di Indonesia. Aku memang sekarang ini kurang seberapa suka dengan novel terjemahan, entah kenapa.

Dan kenapa tetap membeli, pertama karena aku suka dengan kalimat di cover depan, “Cinta tak pernah lelah menanti”. Aku suka kalimat itu dan mengamininya.

Aku baca novel ini cukup lama, erm… 4 hari, bukan karena ceritanya yang membosankan atau ceritanya yang tidak bagus, tapi karena rasa malas.

Sebenarnya cerita di awal sampai tengah aku merasa sedikit membosankan, seperti sedikit di panjang-panjangkan jalan ceritanya. Aku membacanya sampai memakan waktu 3 hari, disamping karena rasa malas tadi sie.

Nah setelah memasuki pertengahan mulai menarik dan sarat akan makna
Novel yang bercerita tentang persahabatan dan juga cinta. Persahabatan yang terbina sejak seorang cewek bernama Ai dan cowok bernama Sei sejak mereka masih kecil, bahkan mungkin bisa dikatakan sejak mereka masih bayi. Dan akhirnya ada Shin yang masuk diantara mereka, tetapi tidak untuk memecah persahabatan mereka. Shin menjadi sahabat mereka juga, dan menjadikan hidup mereka seperti akhirnya mengenal dunia luar selain desa mereka yang bisa dikatakan cukup terpencil.

Akhirnya ada cinta antarai Ai dan Shin, tetapi mereka tetap bersahabat dengan Sei. Walau kadang Sei merasa tersisih ketika berada diantara Ai dan Shin. Konflik pertama ketika Shin memutuskan melanjutkan kuliah di Tokyo, kota yang letaknya jauh dari desa mereka. Ai yang pernah berjanji akan ikut kemanapun Sei pergi, tiba-tiba memutuskan akan ikut dengan Shin untuk kuliah di Tokyo.

Sei yang semakin merasa tersisih awalnya menjauhi mereka, tetapi akhirnya ia sadar bahwa tindakannya begitu kekanak-kanakan. Dengan bujukan dari Ai dan juga keluarganya Sei akhinya ikut juga melanjutkan kuliah di Tokyo.

Tetapi konflik yang terjadi bukan hanya itu saja, konflik demi konflik juga banyak terjadi saat mereka pindah ke Tokyo. Dan puncak konflik adalah saat salah satu dari mereka harus pergi dan takkan bisa kembali lagi. Yup, salah satu dari mereka meninggal dunia. Sejak itu semuanya berubah, selain itu juga banyak rahasia kecil yang akhirnya terkuak diantara mereka.

Cerita yang awalnya aku kira hanya tentang persahabatan dan cinta ini, ternyata juga mengajarkan tentang hal yang kadang kita sangkal sendiri, hal yang mungkin terjadi pada kita, beberapa hal tentang kehidupan.

Kutipan menarik yang aku dapatkan dari buku ini, apa yang dikatakan ayah Ai :
“Kehilangan memiliki cara tersendiri untuk mengubah orang-orang yang mengalaminya, tapi melarikan diri tidak pernah menyelesaikan apa-apa.”
“Sesulit apapun, hidup harus terus berjalan. Hidup tidak punya waktu untuk menunggu orang-orang yang tidak siap melanjutkan sisa hidupnya.”
“Di dunia ini, ada beberapa hal yang disebut takdir – sisanya adalah pilihan. Jangan sesali sesuatu yang sudah ditentukan oleh takdir, karena tanpa kesulitan dan kesedihan, kita tidak akan benar-benar menghargai kebahagiaan.”

Judul       : AI (Cinta tak pernah lelah menanti)
Penulis    : Winna Efendi
Penerbit : Gagas Media
Tebal        : 277 halaman
ISBN         : 9789797803070

2 responses to this post.

  1. emang siapa yang meninggal jangan ambigu dong n,n

    Balas

  2. hmm,, ternyata novelnya kak Winna Efendi itu bangus-bagus. aku punya novelnya dia yang berjudul Refrain itu juga keren banget… aku suka..🙂 makasih infonya🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Aconsultant System Ritel Sumatera Barat

Software & Program Kasir, Minimarket, Gudang, Apotek, Rumah Makan, Hotel, Rumah Sakit, Laundry, dan lain-lain ( Padang - Bukittinggi - Pariaman - Solok - Pasaman - Sawahlunto - Pesisir )

Bang Ori Gagah

Kepada Dzat Maha Gagah, Ku Berserah dan Pasrah

Marketing Tulen

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

Pelataran Villa Jumi-E

Jaga hatimu di Kota Padang

%d blogger menyukai ini: