Tradisi Rendang (Masakan Minang) Selama Ramadhan


Bulan suci ramadhan
adalah Bulan yang mulia dan penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT. Salah satu tradisi menjelang bulan suci ramadhan datang di daerah minang kabau adalah Balimau, Balimau merupakan suatu tradisi yang tidak bisa di hindari oleh semua kalangan di ranah minang saat ini meskipun sudah ada larangan dari MUI Sumbar bahwa tradisi balimau melanggar aturan syari’at dan adat.

Namun tradisi ini masih saja menjadi rutinitas dalam menyambut bulan suci ramadhan. Mudah-mudahan saja tradisi ini bisa di hentikan dengan aturan dan norma yang berlaku.

Selain itu yang tak kalah menariknya ada sebuah tradisi di ranah minang dimana setiap bulan suci ramadhan setiap rumah di ranah minang melakukan sebuah masakan yang ternama di daerah ranah minang ini yaitu memasak rendang (gulai dagiang bahaso minangnyo).

Kota rendang ini (ranah minang atau sumatera barat) selalu mentradisikan hal ini setiap bulan suci ramadhan datang. Mulai dari keluarga yang kurang mampu setidaknya pada bulan suci Ramadhan datang mereka yang tidak bisa membeli daging sapi biasanya menyediakan uang untuk membeli daging ayam dan membuat rendang yang enak buat santapan berbuka puasa dan waktu sahur nantinya.

Bagi sahabat-sahabat yang ingin berbuka puasa dengan sambal rendang kunjungilah ranah minang yang selalu menyajikan masakan rendang yang tiada bandingnya di dunia ini. He he he…:D

Pada umumnya, jika dibandingkan dengan masakan rendang di rumah makan dan restoran di ranah minang masakan rendang lebih enak di cicipi dengan suasana tradisional di sumater abarat yaitu di pedesaaan.

Alangkah nikmatnya bisa mencicipi rendang di tengah pemandangan hijau dari warna padi yang berada di sawah petani. Selain itu, Masakan rendang di kampung-kampung lebih top dan lebih terasa bumbu-bumbunya.

Untuk dunsanak ranah minang tercinta semoga dunsanak nan dari perantau bisa berpuasa bersama di ranah minang tercinta. Andai pun dunsanak tidak bisa pulang ke ranah minang. Semoga dunsanak juga memasak gulai randang di perantauan dan bisa berpuasa di bulan suci nan mulia ini.

Padang, 13 Ramadhan 1433 H

By: Jumi-E

~Ramadhan Datang Bergembiralah Hati Orang-Orang Beriman~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Aconsultant System Ritel Sumatera Barat

Software & Program Kasir, Minimarket, Gudang, Apotek, Rumah Makan, Hotel, Rumah Sakit, Laundry, dan lain-lain ( Padang - Bukittinggi - Pariaman - Solok - Pasaman - Sawahlunto - Pesisir )

Bang Ori Gagah

Kepada Dzat Maha Gagah, Ku Berserah dan Pasrah

Marketing Tulen

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

Pelataran Villa Jumi-E

Jaga hatimu di Kota Padang

%d blogger menyukai ini: