LAPORAN KKN (KULIAH KERJA NYATA)

Bagi teman2 yang sedang mengerjakan KKN, Selamat KKN Yah. Saya berikan format laporan KKN ketika saya menjalankan KKN di kampus IAIN IB Padang pada angkatan ke 36. Berikut format laporan KKN nya. Semoga Bermanfaat.

Halaman Depan (COVER) 

Laporan Individu Kuliah Kerja Nyata

 

KURANGNYA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP ANAK TENTANG PENERAPAN NORMA-NORMA AGAMA ISLAM

 

 

 

 

 (DISINI LAMBANG INTSTITUT/UNIVERSITAS)

 

 

 

Oleh

(TULIS NAMA ANDA DAN NIM ANDA)

 

 

 

Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN)

IAIN Imam Bonjol Padang

Periode XXXV

Tahun 2010

DI GURUN LAWEH

 KECAMATAN NANGGALO

   KOTA PADANG

(HALAMAN KEDUA)                             

HALAMAN PENGESAHAN

Yang bertanda tangan di bawah ini Wali Nagari IV Koto Mudik Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan dengan ini menyatakan bahwa :

Nama      :

Bp           :

Jurusan   :

Fakultas  :

Telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode XXXV tahun 2010 di Desa Gurun laweh Kenagarian Lunto Kecamatan Nanggalo Kota Padang, yang dimulai dari tanggal 26 juli – 15 september 2010

Sesuai dengan pemeriksaan kami, maka kami menyatakan bahwa laporan ini sudah dapat diterima sebagai syarat untuk memenuhi tugas dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Demikianlah surat pengesahan ini dibuat dengan sebenarnya semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                                                        padang, 09 Oktober 2010

Diketahui,

            Bapak RW Gurun Laweh                              Dosen Pembimbing

                        Laweh                                                     Lapangan (DPL)                  

           

 

                         Brori Agusta                                                            Jusmawati

 (HALAMAN KETIGA)

SURAT KETERANGAN

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama      :

Jabatan   : Kepala lurah gurun laweh

Alamat     : gurun laweh,Nanggalo

Menerangkan bahwa nama yang tersebut dibawah ini sudah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode XXXV tahun 2010 di Desa gurun laweh Kenagarian nanggalo Kecamatan nanggalo Kota padang, yang dimulai dari tanggal 26 juli – 15 September 2009. Adapun Mahasiswa tersebut adalah :

Nama      :

Bp           :

Jurusan   :

Fakultas  :

Demikianlah surat pengesahan ini dibuat dengan sebenarnya semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                                            padang, 09 Oktober 2010

Diketahui,

Bapak RW                                                    

Gurun laweh                                                                      

 

Brori Agusta

           

 

                (HALAMAN KEEMPAT)

            KATA PENGANTAR

 

Puji syukur penulis sampaikan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan limpahan rahmat dan karunianya kepada penulis, sehingga dengan rahmat dan karunia itulah, penulis dapat menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan lancar serta menyusun laporan ini dengan baik.

Selanjutnya Shalawat dan salam tidak lupa penulis kirimkan kepada Allah agar disampaikan kepada junjungan kita yakni nabi besar Muhammad SAW yang mana beliau telah berhasil membawa umat manusia dari alam kebodohan kepada alam yang penuh ilmu pengetahuan sebagaimana yang penulis rasakan saat ini.

Setelah lebih kurang 52 hari menurut jadwal penulis melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa gurun laweh Kanagarian Lunto Kecamatan Lembah Segar Kota Padang, banyak pengalaman baru yang penulis peroleh, baik suka maupun duka.

Selanjutnya dalam menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Imam Bonjol Padang, maka setiap mahasiswa diharuskan menyusun laporan kelompok dan individu, agar laporan tersebut diharapkan dapat menjadi masukan dan pelajaran serta bahan pemikiran ataupun evaluasi bagi kita semua khususnya bagi penulis sendiri sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan XXXV tahun 2010.

Dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) penulis tidak terlepas dari kendala-kendala yang menghalangi kegiatan penulis selama berada dilokasi termasuk juga didalam penyusunan laporan ini, namun berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak baik secara moril maupun materil kendala-kendala pun telah di coba untuk di atasi.Untuk itu penulis aturkan terima kasih kepada :

1)      Bapak Rektor IAIN Imam Bonjol Padang, yang telah memberikan petunjuk dan fasilitas untuk mengikuti KKN pada periode XXXV tahun 2010.

2)      Bapak Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Imam Bonjol beserta Bapak Suverpisor yang telah memberikan bimbingan dan arahan kepada penulis dalam pelaksanaan (KKN) tersebut .

3)      Bapak Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ibu jusmawati. yang penuh kesabaran dan ketabahan dalam membimbing dan memberi pengarahan dari awal persiapan sampai penyusunan laporan ini.

4)      Bapak Wali kota beserta stafnya yang telah mempersiapkan beberapa program dalam kegiatan KKN

5)      Ibu Camat beserta Stafnya yang telah membantu mahasiswa KKN dalam melakukan berbagai program dilokasi KKN.

6)      Bapak Desa Grun laweh beserta aparatnya yang telah membantu dan membimbing mahasiswa selama berada dilokasi KKN dalam menjalankan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

7)      Bapak RW Gurun laweh yang telah memberikan bantuan baik moril dan materil serta telah mengarahkan penulis selama berada dilokasi KKN Sehingga Program bisa terlaksana.

8)      Para pemuka masyarakat serta pemuda dan pemudi serta seluruh masyarakat Desa Gurun laweh khususnya masyarakat Nagari Lunto.

9)      Teristimewa kepada Ayahanda dan Ibunda tercinta, adinda, dan seluruh keluarga, yang telah memberikan perhatian yang amat besar sekali dalam menumbuhkan motivasi dan tekad yang kuat untuk bisa melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) ini sampai selesai.

10)  Dan kepada teman-teman satu lokasi yang telah memberikan pengarahan dan motivasi kepada penulis dalam membuat laporan ini .

Akhirnya penulis mengucapakan terima kasih banyak semoga Allah SWT memberikan balasan pahala yang setimpal dan penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Penulis juga mengharapkan semoga laporan ini membawa manfaat bagi kita semua khususnya bagi penulis.

Padang, 09 Oktober  2010

Penulis

(HALAMAN KELIMA)

DAFTAR ISI

 

 

HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………………… i

KATA PENGANTAR …………………………………………………………………………. ii

DAFTAR ISI. ……………………………………………………………………………………… iii

HALAMAN PENGESAHAN………………………………………………………………..iv

DAFTAR TABEL……………………………………………………………………………….13-17

BAB I…………. : PENDAHULUAN…………………………………………………. 1

A. . Latar Belakang Kuliah Kerja Nyata (KKN)………………….. 1

B. .. Tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)……………………………… 1

C… Uraian Singkat Persiapan KKN sampai Kembali

…… dari Lapangan………………………………………………………….. 2

D… Tujuan Pembuatan Laporan ……………………………………….. 3

 

BAB II……….. : GAMBARAN UMUM ………………………………………………… 4

A. . Diskripsi Wilayah Secara Singkat………………………………… 4

B. .. Bentuk- Bentuk Program Kerja ………………………………….. 7

C… Target Yang Akan Dicapai…………………………………………. 8
BAB III: PELAKASANAAN PROGRAM KERJA DAN HASIL………………….13

A.  Hasil Pelaksanaan Program Kerja dari Masing-masing Bentuk Menurut
Bidangnya secara Kuantitatif………………… 13

B. Faktor Pendukung dan Penghambat……………………………… 17

C. Pembahasan Pelaksanaan Program Kerja dan Hasil

yang dicapai…………………………………………………………….. 19

 

BAB IV………. : PENUTUP……………………………………………………………………. 20

1. .. Kesimpulan……………………………………………………………… 20

2. .. Saran-saran…………………………………………………………….. 20

BAB I

                                                                PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Secara umum Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan upaya pengembangan dan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang harus diaplikasikannya dalam kehidupan ditengah-tengah masyarakat. Di dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu mengaplikasikan teori dan berbagai macam ilmu pengetahuan yang telah dipelajari dan dipahami selama berada dibangku perkuliahan.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga aplikasi logis dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Ditinjau dari segi fungsi dan manfaat yang dapat ditarik dari Kuliah Kerja Nyata tersebut jelas memiliki fungsi dan manfaat yang sangat besar. Kuliah Kerja Nyata (KKN) disamping merupakan prasyarat untuk menyelesaikan perkuliahan diperguruan tinggi, juga merupakan kesempatan yang sangat baik bagi mahasiswa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama belajar dibangku perkuliahan untuk diaplikasikan ditengah-tengah masyarakat.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga merupakan sarana pendewasaan bagi mahasiswa khususnya bagi penulis. Pendewasaan yang dimaksud adalah adanya perubahan terhadap pola pikir mahasiswa khususnya bagi penulis yang lebih dewasa yang penuh dengan ide yang inovatif dan reformatif.

B.     Tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Adapun tujuan dari diadakannya Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebagai berikut:

  1. Membekali mahasiswa dengan pengalaman belajar tentang pembangunan masyarakat sehingga lebih menghayati permasalahan yang dihadapi serta belajar memecahkan permasalahan secara baik dan benar sesuai dengan ilmu yang diperoleh.
  2. Memberikan pengertian kepada masyarakat tentang pentingnya agama dalam pembangunan sehingga pada gilirannya diharapkan mampu menjadikan agama sebagai pendorong, penggerak dalam kegiatan pembangunan sekaligus menjadikan pembangunan sebagai salah satu bentuk amal ibadah.
  3. Untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dan mencari upaya penyesuaian, pendidikan di Perguruan Tinggi dengan tuntutan yang ada ditengah-tengah masyarakat.
  4. Untuk membentuk dan mempersiapkan sarjana muslim yang berakhlak mulia, berilmu dan cakap serta memiliki kesadaran yang tinggi atas kesejahteraan umat untuk masa yang akan datang

    C. Uraian Singkat Persiapan KKN sampai Kembali dari Lapangan

    1. Masa Persiapan

Pelaksaan KKN IAIN Imam Bonjol Padang periode XXXV tahun 2010 dimulai dengan pembekalan terhadap mahasiswa yang akan ber-KKN, dimana pembekalan ini dilaksanakan selama beberapa hari. Acara pembekalan berlangsung pada tanggal 26 juni -15 september 2010

Setelah mahasiwa memperoleh materi pembekalan yang telah diberikan, sebelum keberangkatan kelokasi terlebih dahulu masing-masing kelompok pergi melakukan observasi lapangan kelokasi tempat mahasiswa ditempatkan, yang mana observasi dilakukan bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sekaligus mengadakan pertemuan dengan Bapak Kepala Desa. Hasil observasi yang diperoleh akan menjadi bahan pertimbangan oleh kelompok untuk menyusun program kerja yang akan dilaksanakan dilokasi nantinya

2. Di Lapangan

Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilepas secara resmi oleh Bapak Rektor pada Tanggal 10 juli 2010 di Kampus IAIN Imam Bonjol Padang dan di kantor Walikota Sawahlunto Pada Tanggal 13 Agustus 2010 yaitu Penyerahan mahasiswa dari Bapak Rektor kepada Bapak Walikota Padang, seluruh peserta KKN mengadakan acara serah terima dengan Bapak Walikota RW Gurun laweh, setalah itu masing-masing kelompok mengadakan pertemuan dengan Bapak Desa  dan Bapak Dusun untuk minta izin dan bantuan agar program yang akan dilaksanakan mendapatkan respon dari masyarakat dan berjalan dengan lancar.

Dari awal sampai akhir pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) khususnya penulis tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi dari masyarakat dalam merealisasikan program yang telah direncanakan.

3. Kembali dari Lapangan

Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 62 hari yang terhitung dari tanggal 13 Juli – 12 September 2009, dengan segala rintangan dan tantangan penulis dan kawan-kawan telah menyelesaikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode XXXV tahun 2009 di Kampung Lunto Barat Kenagarian Lunto Kecamatan Lembah Segar Sawahlunto. Penulis dan kawan-kawan kembali dari lapangan pada tanggal 11 September 2009 dengan mengadakan serah terima mahasiswa KKN dari Bapak Walikota Sawahlunto dengan Bapak Rektor IAIN Imam Bonjol Padang yang diadakan di Sawahlunto.

D.    Tujuan Pembuatan Laporan

    1. Untuk melaporkan materi program yang disusun
    2. Untuk mendapat realisasi pencapaian hasil proram
    3. Untuk megetahui lebih jauh romantika pelaksanaan program
    4. Sebagai pertanggung jawaban nyata secara tertulis oleh mahasiswa kepada semua pihak.
    5. Untuk memenuhi tugas dan syarat menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Imam Bonjol Padang.

BAB II

GAMBARAN UMUM

A.     Gambaran Umum Nagari / Kampung Lokasi KKN Secara Singkat

Kampung Lunto Barat merupakan suatu daerah yang berada pada Kenagarian Lunto Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto . Kecamatan Lembah Segar terdiri dari 11 desa yaitu :  Pasar Remaja, Kubang Sirakuk Utara, Kubang sihrakuk selatan, Aur Mulyo, Tanah Lapang, Air Dingin, Kubang Utara Sikabu, Kubang Tangah, Pasar kubang, Lunto Timur dan Lunto Barat. dan setiap desa telah dikirim utusan mahasiswa KKN sebanyak  8 orang Kecuali di Desa Kubang Utara Sikabu dan Kubang Tangah yang terdiri dari 7 orang, berarti di Kecematan Lembah Segar berjumlah 86 orang mahasiswa. Adapun Lokasi Penulis terletak di Desa Lunto Barat .

Kepala Keluarga (KK) memiliki ladang dan sawah.

Desa Lunto Barat ini merupakan daerah yang terdiri dari dataran rendah dan perbukitan, yang bercuaca sedang, hujan dan panas yang memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut:

Sebelah Utara              Berbatasan dengan Kampung Koto Keduduk

Sebelah Selatan            Berbatasan dengan Puncak Nantigo

Sebelah Barat               Berbatasan dengan Lumindai

Sebelah Timur Berbatasan dengan Lunto Timur

Desa Lunto Barat terdiri 4 Dusun yaitu: Tepi Air, Tita Rajo, Batu anyir, Tanjung Mendan. Adapun jumlah penduduk yang berada dalam Desa Lunto Barat adalah sebanyak 2212 orang dengan 333 KK. Mayoritas penduduk Desa Lunto Barat Nagari Lunto dan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani baik disawah maupun di ladang seperti kelapa, Coklat, Padi, dan beternak sapi dan karbau. ada sebagian sebagai Pedagang, Tukang Ojek, Buruh dan Pengrajin Sapu dan Songket. Disamping itu, juga ada yang bekerja di lembaga/instansi pemerintah baik di Desa Lunto Barat. maupun di luar daerah/luar negeri. Adapun penghasilan terbesarnya adalah padi dan Kerajinan Sapu Dan Songket.

Di Nagari Lunto, Desa Lunto Barat berada di bawah pengawasan Kepaladesa. Setiap kampung memiliki Pak Dusun. Sebagaimana dusun lainnya, Desa Lunto Barat mempunyai sistem pemerintahan yang sesuai dengan adat istiadat dan Undang –undang setempat Desa Lunto Barat dipimpin oleh Bapak desa  yang bernama (……..) yang tidak terlepas dari keberadaan niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, imam, khatib, bundo kanduang serta parik paga dalam nagari demi terwujudnya pemerintahan tali tigo sapilin, tungku tigo sajarangan.

Penduduk Desa Lunto Barat keseluruhannya menganut agama islam dengan corak pemahaman keagamaan masyarakat tradisional 85 % dan modernis 15%. Pendidikan masyarakat Desa Lunto Barat adalah tamatan SD sebanyak 9 %tamatan SMP sebanyak9 %, tamatan SMA sebanyak 5%, tamatan perguruan tinggi sebanyak 0.75 %, dan putus sekolah sebanyak 76.25 %,.

Sedangkan fasilitas pendidikan yang ada di Desa Lunto Barat hanya ada satu Mis dan satu buah TK.

Transportasai ke daerah ini adalah angkutan umum dan ojek. Angkutan umum yang tersedia berupa oplet yang hanya berangkat pada waktu tertentu saja,

Sarana dan prasarana di Desa Lunto Barat ini masih belum lengkap, dimana kantor karang taruna, koperasi dan balai adat belum ada sama sekali. Mengenai alat komunikasi, sudah cukup memadai karena di kampung ini sudah ada saluran listrik. Sebagian besar masyarakat telah mempunyai pesawat televisi dilengkapi dengan parabola (digital). Terkait dengan signal di kampung ini umumnya tidak dapat signal,  namun secara khusus signal terdapat pada tempat-tempat tertentu. Sehingga ini juga menjadi hambatan dalam memperoleh Informasi dari luar.

B.     Bentuk-bentuk Program Kerja

Sebelum penulis memaparkan program kerja pribadi dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata, sebaiknya terlebih dahulu dipaparkan secara singkat program kerja kelompok yang menjadi wadah bagi penulis untuk berkecimpung dalam pengabdian ditengah masyarakat, yaitu :

  1. Ikut serta dalam pelaksanaan pesantren ramadhan yang telah diprogramkan di MIS yang ada di desa Lunto Barat  dimana pelaksanaannya yang satu berpusat di MIS dan yang satu lagi di adakan di sekolah SD 02 Lunto Timur
  2. Sebagai  Panitia perlombaan tingkat kenagarian Lunto Barat
  3. Mengadakan penyuluhan-penyuluhan berupa ceramah agama kepada masyarakat Desa Lunto Barat
  4. Berpartisipasi ketika diadakan silaturahmi antara mahasiswa KKN dengan masyarakat Desa Lunto Barat serta ikut menghadiri undangan yang diberikan tokoh-tokoh masyarakat.
  5. Ikut andil dalam pelaksanaan MTQ yang diadakan dimasjid Ar- Rahman Lunto Timur
  6. Ikut  berpartisipasi dalam proses belajar mengajar di MIS Lunto Barat
  7. Ikutserta dalam melatih qasidah rebana dan tim samaul husna.
  8. Ikut Serta sebagai tenaga pembantu di perpustakaan MIS Lunto Barat.
  9. Membuat kelompok belajar anak-anak MIS,SD dan SLTP yang bertempat di Posko KKN
  10. Ikut mengaktifkan kembali MDA yang ada di Desa Lunto Barat
  11. Sebagai panitia dalam peringatan HUT RI ke-64 di desa Lunto Barat
  12. Ikut serta dalam safari ramadhan ke mesjid/mushalla yang ada di kenagarian Lunto

Adapun yang menjadi program kerja pribadi khususnya bidang pendidikan penulis menyusun beberapa program sebagai berikut :

  1. Mengajar matematika di MIS Lunto Barat dalam rangka membantu majelis guru dalam proses belajar mengajar
  2. Mengadakan belajar kelompok untuk mata pelajaran Matematika dan pelajaran liannya kepada anak-anak yang seumuran Sekolah Dasar di Desa Lunto Barat yang dilakukan di POSKO KKN.
  3. Mensosialisasikan matematika kepada murid-murid MIS Lunto Barat

    C.     Target yang Akan Dicapai

Dari program pribadi tersebut penulis mengharapkan dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang penulis miliki baik yang telah didapatkan dibangku kuliah di IAIN Imam Bonjol Padang maupun dari pengalaman-pengalaman hidup penulis. Dari program-program kerja tersebut diharapkan anak-anak dan remaja atau warga masyarakat umumnya memiliki ilmu yang lebih dalam, akhlak yang baik sehingga mampu menjadi insan kamil.  Dengan adanya belajar tambahan Matematika diluar jam pelajaran di sekolah dapat meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mengembangkan Matematika karena matematika merupakan pelajaran pokok di sekolah dan di ujikan pada Ujian Nasional.

Kemudian dengan mensosialisasikan matematika pada murid-murid Sekolah Dasar penulis berharap timbulnya motivasi dan keinginan dari dalam diri anak-anak tersebut  untuk belajar lebih giat. Serta dengan mengajarkan matematika baik di dalam dan diluar sekolah penulis berharap mereka atau khususnya murid-murid menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang menyenangkan yang wajib dipelajari.

BAB III

PELAKSANAAN PROGRAM KERJA

 A.     Hasil Pelaksanaan Program Kerja Secara Kuantitatif

Program kerja yang penulis rencanakan tidak terlaksana seluruhnya, karena adanya factor yang kurang mendukung. Baik itu factor dari diri penulis sendiri maupun disebabkan factor dari masyarakat.

Hubungan antara mahasiswa KKN dengan masyarakat pun berjalan harmonis, apalagi setelah diadakannya musyawarah dan acara halal bi halal. Mengenai program pribadi yang penulis laksanakan yaitu

  1. Penulis membantu proses belajar mengajar di MIS Lunto Barat  kecamatan Lembah segar kabupaten Sawah Lunto yaitu dalam mata pelajaran Matematika selama 5 minggu yaitu minggu kedua sd minggu keenam penulis sampai di lokasi. Pada waktu pertama mengajarkan matematika murid-murid sangat semangat dan antusias dalam belajar terutama dalam mengerjakan beberapa latihan yang penulis berikan, itu semua dapat dilakukan dengan baik walaupun mereka tidak mempunyai buku panduan.
  2. Mengadakan belajar kelompok untuk mata pelajaran matematika kepada anak-anak yang seumuran Sekolah Dasar di Desa Lunto Barat yang dilakukan di POSKO KKN. Dalam mengadakan belajar kelompok ini,penulis mengundang anak anak yang seumuran sekolah dasar untuk datang ke posko,dan alhamdulillah antusias mereka sangat tinggi.hal ini terbukti dengan kehadiran mereka di posko setiap harinya  semakin bertambah. Dan sangat terlihat sekali semangat dan perhatian mereka terhadap pelajaran mereka apalagi matematika
  3. Mensosialisasikan matematika kepada murid-murid MIS Lunto Barat.. Tujuan awal dari penulis dalam mensosialisasikan Matematika adalah untuk membuat murid-murid tidak terlalu kaku dan takut dalam belajar matematika.Hal tersebut sangat di sambut baikoleh anak anak,terbukti dengan seringnya mereka bertanya mengenai pelajaran matematika yang tidak atau kuran mereka mengerti disekolah.

    B.     Faktor Pendukung dan Penghambat

    1. Faktor Pendukung
      1. Adanya sokongan dan dukungan dari segenap lapisan masyarakat di desa Lunto Barat Kenagarian Lunto Kecamatan Lembah Segar Kota sawahlunto
      2. Adanya kerjasama PEMERINTAH Kota Sawahlunto dengan mahasiswa KKN kususnya Pemerintahan Desa Lunto Barat Kecamatan lembah segar
      3. Tingginya semangat, antusias dan ketertarikan anak-anak dalam belajar. Hal ini terbukti dengan adanya dorongan, motivasi serta keberaniannya dalam tampil ke depan. Ini semua dapat membantu penulis dalam memahami keinginan siswa dalam belajar.
      4. Adanya kerjasama mahasiswa KKN dengan masyarakat sehingga terlaksananya program-program kerja yang telah direncanakan. Mayoritas kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama KKN adalah bersifat sosial dan keagamaan. Dalam hal ini, masyarakat merasa termotivasi untuk mendukung kegiatan-kegiatan tersebut
      5. Dukungan serta motivasi dari Dosen Pembimbing Lapangan untuk melaksanakan berbagai kegiatan di Kampung ini sangatlah besar.
  1. Faktor Penghambat
    1. Kurang kelihatannya respon dari masyarakat terhadap anak KKN IAI
    2. Sulitnya pemakaian alat peraga oleh siswa
    3. Kurang terlihatnnya respon yang baik dari para guru
    4. Guru yang mengajar bukan tamatan disiplin ilmu yang diajar sehingga tujuan pelajaran kurang tercapai.
    5. Susahnya mencari sumber dana untuk pengangkatan acara.
    6. kurangnya motivasi orang tua mendorong anaknya untuk belajar.

      C.     Analisis Pelaksanaan Program

Rancangan program kerja yang dilaksanakan selama Kuliah Kerja Nyata berlangsung, alhamdulillah semuaya hampir terlaksana dengan baik. Terlaksananya program kerja pribadi tidak terlepas dari kerjasama kelompok. Program-program yang penulis rencanakan, Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Dalam proses pelaksanaan tersebut banyak hal yang penulis temukan. Misalnya, antusias dan ketertarikan yang tinggi dari anak-anak Lunto barat dalam  menuntut ilmu pengetahuan, khususnya dalam matematika. Anak-anak tersebut rela berhujan panas menuju tempat belajar.  Penulis sering melihat anak-anak hadir kesekolah walaupun dalam keadaan puasa dan cuaca yang sering tidak mengizinkan mereka untuk datang ke sekolah.

Fenomena lain yang penulis temukan adalah mengenai kinerja para guru yang mengajar Matematika, dimana para guru bukan besal dari disiplin ilmu yang dikehendaki yaitu tamatan pendidikan matematika ataupun guru kelas MI. Selain itu kurangnya Pemanfaatak sarana dan prasarana dalam mengajarkan matematika yang memang sangat membutuhkan media dalam mengajarkan mereka juga tidak mendapat perhatian khusus dari pihak sekolah.

Sehubungan dengan hal itu, penulis merasakan sambutan masyarakat Desa Lunto barat yang begitu besar terhadap mahasiswa KKN dengan program-program yang dibawa kesana.

Hal terpenting bahwa penulis telah berusaha melakukan program kegiatan yang sesuai dengan ilmu yang sedang didalami dibangku kuliah, namun hasilnya belum optimal. Walaupun sedikit yang baru dilakukan tapi harapan penulis semoga apa yang telah dilakukan tersebut  dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat.

BAB V

PENUTUP

 

  1. Kesimpulan

Berdasarkan keterangan sebelumnya dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

  1. Kehadiran Mahasiswa KKN di Desa Lunto Barat sangat diharapkan oleh masyarakat untuk membina generasi penerusnya baik dalam bidang pendidikan maupun bidang agama.
  2. Penulis secara pribadi telah berusaha membangkitkan semangat warga Desa Lunto Barat untuk lebih mementingkan pendidikan terutama pendidikan agama demi tercapainya keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah.
  3. Penulis berupaya agar Masyarakat merasa bahwa pelajaran Matematika itu penting dan perlu dipelajari sehingga mereka dapat memberikan pengarahan kepada anak-anaknya bahwa pelajaran matematika itu bukanlah pelajaran yang menyenangkan.
  4. Program kerja yang telah dilaksankan mendapat respon yang positif dari masyarakat.
  5. Penulis berusaha mengembangkan pengetahuan dan keahlian yang ada sehingga bermanfaat bagi masyarakat di masa-masa mendatang.
  1. Saran-saran
    1. Diharapkan kepada Bapak Wali Nagari dan Bapak Kepala Kampung serta Jajarannya dan masyarakar setempat dapat meningkatkan kerjasama terutama dalam pembinaan generasi-generasi selanjutnya baik bidang pendidikan maupun agama
    2. Diharapkan kepada generasi penerus setempat untuk mengembangkan ilmu yang telah didapatkan.
    3. Kepada Badan pengabdian Masyarakat, agar dimasa mendatang tetap mendatangkan mahasiswa KKN dilokasi tersebut.
    4. Mahasiswa IAIN IB Padang agar selalu peka terhadap kebutuhan masyarakat dan mampu bekerjasama dengan baik dan mencapai keberhasilan bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Aconsultant System Ritel Sumatera Barat

Software & Program Kasir, Minimarket, Gudang, Apotek, Rumah Makan, Hotel, Rumah Sakit, Laundry, dan lain-lain ( Padang - Bukittinggi - Pariaman - Solok - Pasaman - Sawahlunto - Pesisir )

Bang Ori Gagah

Kepada Dzat Maha Gagah, Ku Berserah dan Pasrah

Marketing Tulen

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

Pelataran Villa Jumi-E

Jaga hatimu di Kota Padang

%d blogger menyukai ini: