“Kenapa Harus Ada Petasan”


Bahaya petasan 
mungkin semua orang sudah mengetahuinya, namun tetap saja barang ini mudah ditemukan di mana-mana, khususnya saat bulan Ramadhan. Anak-anak pun seringkali memainkan petasan tanpa menyadari bahaya yang mengintai dibaliknya. Selain berbahaya, petasan juga cukup mengganggu ketenangan orang.

Berikut ini beberapa cara jika anak mulai bermain petasan:

  • Jangan biarkan anak-anak bermain petasan sendiri. Permainan ini terlalu bahaya bagi anak terlebih jika mereka tidak membaca cara penggunaannya.

  • Selalu mengingatkan untuk membaca cara penggunaan ketika bermain petasan.

  • Beritahukan bahaya permainan petasan. Selain bisa membuat anggota tubuh terluka jika terkena petasan, juga membuat orang kaget sampai bisa berakibat fatal.

  • Sebagai pengganti petasan, Anda bisa memberikan kembang api. Walaupun cukup aman bagi anak, Anda harus tetap memperhatikan keselamatan anak. Seperti memastikan jarak kembang api tidak terlalu dengan dengan anak-anak, menyuruhnya bermain kembang api di tempat terbuka, dan jangan memegang kembang api yang sedang menyala atau baru saja mati.

  • Jauhkan juga kembang api dan petasan dari sesuatu yang mudah terbakar.

  • Jika anak tetap bermain petasan di sembarang tempat bahkan sampai membuat kesal orang lain, Anda bisa menghukumnya. Namun jangan sampai menghukumnya dengan kekerasan ataupun kata-kata kasar, bisa dengan memotong uang jajan dan hukuman lainnya.

   Jika anak mengalami cedera di mata akibat percikan api, jangan sampai anak menyentuh atau menggosok mata. Hal ini dapat menyebaban kerusakan lebih parah. Hindari juga membilas mata menggunakan air atau menggunakan salep. Pastikan untuk segera membawanya ke dokter atau rumah sakit terdekat. Bahaya petasan bisa dicegah jika orangtua turut memberikan perhatian agar anak-anaknya tidak menyentuh permainan ini.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat… Amien

Padang, 15 Agustus 2012

~~~ “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan” ~~~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Aconsultant System Ritel Sumatera Barat

Software & Program Kasir, Minimarket, Gudang, Apotek, Rumah Makan, Hotel, Rumah Sakit, Laundry, dan lain-lain ( Padang - Bukittinggi - Pariaman - Solok - Pasaman - Sawahlunto - Pesisir )

Bang Ori Gagah

Kepada Dzat Maha Gagah, Ku Berserah dan Pasrah

Marketing Tulen

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

Pelataran Villa Jumi-E

Jaga hatimu di Kota Padang

%d blogger menyukai ini: