Budidaya Ikan Mas

ikan_mas_by_indojo

PROPOSAL USAHA

BUDIDAYA IKAN MAS

BAB I

PENDAHALUAN

 A.    Latar Belakang

Propinsi Sumatera Barat terdiri dari 19 Kab/Kota, salah satunya termasuk Kabupaten Pasaman Timur sebagai Kabupaten yang terkenal dengan Kabupaten penghasil Ikan Mas yang cukup besar dan penghasil ikan terbanyak dalam skop Sumatera Barat.

Pada tahun 2012 Pemerintahan Propinsi Sumatera Barat mengadakan Program Kerja Sarjana Pemberdayaan Masyarakat Nagari (SMPN) di Propinsi Sumatera Barat. Untuk itu sebagai seorang Sarjana yang memiliki jiwa usaha sekaligus sebagai seorang yang pekerja keras dalam memenuhi kebutuhan hidup dizaman yang modern ini menuntut para sarjana untuk mendirikan berbagai macam peluang usaha/kerja.

Sebagai gambaran umum sekaligus bukti bahwa, Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan Program Pemerintahan Propinsi Sumatera Barat ini dengan mengikuti dan menjadi  aktor atau sebagai peserta dalam kegiatan Program Kerja Sarjana Pemberdayaan Masyarakat Nagari (SPMN) tersebut.

Pada proposal usaha mandiri ini sebagai bahan pertimbangan dalam mengikuti seleksi Program Kerja Sarjana Pemberdayaan Masyarakat Nagari (SMPN) dan saya sudah memiliki suatu usaha yang harus dikembangkan lagi, agar bisa menghasilkan perekonomian yang baik, Adapun proposal usaha mandiri yang akan saya ajukan pada program Pemerintahan Propinsi Sumatera Barat adalah Program Kerja tentang sebuah Usaha Budidaya Ikan Mas di kampung Jembatan Panjang Jorong II Sei.Pandahan Kenagarian Sundata, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Propinsi Sumatera Barat.

Ikan Mas, (Di kabupaten Pasaman Propinsis Sumatera Barat Ikan Mas disebut juga dengan istilah Ikan Tonsen), adalah suatu usaha yang mudah di jalankan namun butuh biaya yang cukup untuk bisa mengembangkan usaha ini lebih besar. Untuk itu, Saya ingin membentuk suatu usaha yaitu budidayakan Ikan Mas di kolam yang berada di dekat rumah atau dikenagarian tempat saya tinggal yaitu di kampong jembatan panjang jorong II Sei.Pandahan Kecamatan Lubuk sikaping Kabupaten Pasaman Timur.

Adapun alasan saya mengembangkan usaha Ikan Mas ini di dekat rumah supaya usaha mandiri ini bisa di awasi perkembangan, pertumbuhan ikan dengan bai dan sempurna. Saat ini harga ikan yang relative stabil membuat saya berkeinginan untuk mendapatkan keuntungan dari usaha peternakan Ikan Mas tersebut.

B.     Manfaat Pembuatan Proposal

Proposal ini bermanfaat untuk menjalankan usaha mandiri tentang budidaya Ikan Mas di kampung jembatan panjang jorong II sei. Pandahan kecamatan lubuk sikaping kabupaten pasaman agar  dapat diketahui laba atau rugi didalam menjalankan usaha tersebut. Sehingga usaha yang akan dijalankan sesuai dengan harapan yang di inginkan.

C.    Tujuan Pembuatan Proposal

Pembuatan proposal ini bertujuan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Program Kerja Pemerintahan Sumatera Barat tentang Program Kerja Sarjana Pemberdayaan Masyarakat Nagari (SPMN) sekaligus untuk menambah pengetahuan dan pembiayaan dalam mendirikan sebuah usaha mandiri budidaya Ikan Mas di kenagarian tempat saya berasal serta sebagai bekal bagi saya didalam mengelola usaha Ikan Mas.

BAB II

PERANCANGAN MODAL USAHA

 

A.        Aspek Produksi

Penyiapan sarana dan peralatan Jenis kolam yang umum dipergunakan dalam budidaya Ikan Mas atau ikan tonsen adalah kolam penyimpanan induk (berfungsi untuk menyimpan induk dalam mempersiapkan kematangan telur), kolam pemijahan, kolam pemeliharaan benih/pendederan, kolam pembesaran, kolam pemberokan (tempat pembersihan ikan sebelum dipasarkan).

B.         Aspek Pemasaran

Dalam pemasaran saya tidak perlu susah payah untuk menjual, karena banyak pedagang atau pengepul yang siap membeli Ikan Mas tersebut sebelum dipasarkan ke masyarakat yang memerlukan ikan dalam kehidupan sehari-hari.

C.        Aspek Organisasi

Pembudidayaan Ikan Mas ini dapat menyerap banyak sekali tenaga kerja, sehingga aspek organisasi disini secara tidak langsung dapat terpenuhi. Seseorang dapat bekerjasama dan berorganisasi dengan orang lain untuk membudidayakan Ikan Mas ini dengan sistem bagi modal dan bagi hasil.

D.        Analisis SWOT

Sebelum kita memulai sesuatu usaha kita harus mengetahui aspek-aspek yang dapat mempengaruhi usaha kita. Dengan harapan supaya usaha kita dapat berjalan dengan lancar serta sukses yaitu dengan melakukan analisis sebagai berikut:

  1. 1.      Straight
    1. Dengan budi baya ikan mas ini tidak terlalu memerlukan tenaga besar.
    2. Penjualan ikan mas tidak terlalu sulit, tidak seperti ikan yang lainya.
  1. 2.      Weaknes
    1. Bagi anda yang tak memiliki lahan yang cukup anda bisa membudidayakan ikan mas dengan menggunakan kolam dari terpal.
  1. 3.      Opportunities
    1. Peluang usaha yang tidak pernah mati adalah usaha perikanan. Sebab setiap hari masyarakat membutuhkan ikan untuk dikonsumsi semakin meningkat.
    2. Umur pembudidayaan ikan lele yang relative singkat yang hanya kurang lebih 3 bulan membuat banyak yang memilih ikan mas untuk di budidayakan.

4.      Threat

    1. Dalam usaha ikan mas ini harus teliti karena ikan tidak tahan dengan cuaca yang tidak setabil.
    2. Selalu mengecek kedalaman air. Kedalaman air jangan sampai kurang dari 70cm karena itu akan menghambat pertumbuhan ikan.

E.         Permodalan

Biaya awal atau modal untuk mendirikan usaha ini adalah modal dari tabungan dan dari orang tua. Modal dari tabungan sebesar Rp. 1.500.000,- dan dari orang tua adalah kolam ikan. Jadi jumlah modal sebelum mendirikan usaha adalah 1.500.000 + kolam ikan.

F.         Biaya Tetap

Untuk biaya tetap adalah sebagai berikut:

a)      Kolam                               : Milik Orang tua

b)      Perbaikan kolam                : Rp. 150.000,-

c)      Jaring                                 : Rp.   50.000,-

Jumlah                               : Rp. 200.000,-

G.         Biaya Variable

1)      Bibit ikan 5000 ekor         : Rp.    500.000,-

2)      Pakan ikan 15 karung        : Rp. 3.000.000,-

Jumlah                               : Rp. 3.500.000,-

H.         Biaya Tak Terduga

Biaya tak terduga adalah biaya-biaya yang akan digunakan dan dicarikan pembiayaannya jika suatu wkatu terjadi kebocoran kolam atau air bah melimpah dan lain-lain sebagainya.

BAB III

PENUTUP

 A.    Kesimpulan

Budi daya Ikan Mas adalah salah satu usaha yang menggiurkan, jika sudah berjalan dengan baik usaha ini bisa menghasilkan omset yang besar. Perawatan Ikan Mas ini pun juga tidak terlalu sulit dan tidak memakan banyak biaya. Namun untuk lebih mengembangkan usaha Ikan Mas ini bisadi jalankan dalam jumlah yang lebih besar, tentu keuntungan yang didapat juga akan jauh lebih besar.

B.     Saran

Bagi pembaca yang ingin membudidayakan Ikan Mas, saran saya yang pertama harus dipertimbangkan adalah masalah lokasi, sebaiknya dipilih lokasi yang sejuk dan tidak kering/panas. Ikan Mas cenderung tidak tahan akan cuaca panas, bila dibudi dayakan di lokasi yang panas ikan akan mati dan mudah terserang penyakit sekaligus untuk mengemabangkan usaha ini lebih memberikan keuntungan yang lebih besar dibutuhkan kesiapanmodal dan penambahan modal untuk pengelolaan usaha Ikan Mas tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Aconsultant System Ritel Sumatera Barat

Software & Program Kasir, Minimarket, Gudang, Apotek, Rumah Makan, Hotel, Rumah Sakit, Laundry, dan lain-lain ( Padang - Bukittinggi - Pariaman - Solok - Pasaman - Sawahlunto - Pesisir )

Bang Ori Gagah

Kepada Dzat Maha Gagah, Ku Berserah dan Pasrah

Marketing Tulen

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

Pelataran Villa Jumi-E

Jaga hatimu di Kota Padang

%d blogger menyukai ini: