Meraih Rupiah Dari Usaha Martabak Manis

Martabak Manis-3

PROPOSAL WIRAUSAHA

Makanan Martabak Manis

 

1)      Latar Belakang

Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal.

Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.

Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk malam hari, dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa adalah “Martabak Manis”.

Dengan pembuatan Martabak Manis yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.

Keberadaan Martabak Manis sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat memang telah dikenal dari masa kemasa, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia.

Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan “Martabak Manis” untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan masakan khas Indonesia tersebut.

 

2)      Tujuan

Tujuan saya memilih jenis usaha ini yaitu:

  • Mencari keuntungan/laba
  • Menarik minat konsumen untuk merasakan masakan yang sudah cukup terkenal
  • Mencapai target penjualan

3)      Segmentasi Produk

  • Menganalisa potensi pasar.

Dalam menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijanali tersebut dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen)

  • Menentukan objek pasar

Dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat (konsumen)

  • Menetapkan target / sasaran pasar

Dalam menjalankan usaha harus menetapkan target/sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaanya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.

4)      Keunggulan Produk

Keunggulan dari produk ini yaitu:

  • Memiliki berbagai macam-macam bentuk
  • Memiliki berbagai macam-macam ras
  • Bahan produk yang higienis

 

5)      Analisa Swot

Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:

  • Strenght (Kekuatan)

Kekuatan dari produk ini adalah, Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa
Bahan produk yang terjamin dan higienis

  • Weakness (Kelemahan)

Kelemahan dari produk ini adalah: Tidak tahan lama Produknya mudah ditiru

  • Opportunity (Peluang)

Tempat Strategis Fasilitas yang cukup memadai

  • Threath (Ancaman)

Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah

6)      Analisa 4P

  • Product (Produk)

Produk yang dijual adalah “Martabak Manis” yang merupakan makanan selingan sehari-hari

  • Price (Harga)

Harga perporsi Rp 12.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah

  • Promotion (Promosi)

Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dan dilakukan masa promosi pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.

  • Place (Tempat)

Tempat yang dipilih yaitu di Jalan M.Yunus, Tepatnya didepan Kampus IAIN Imam Bonjol Padang, karena letaknya cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen).

7)      Aspek Keuangan

  • Apsek Modal

a)      Bahan Baku

*  Terigu 2 kg                  : Rp 14.000

*  Telur 1 kg                     : Rp 12.000

*  Gula Pasir 1 Kg           : Rp 10.000

*  Air                                  : Rp –

*  Garam                           : Rp  2.000

*  Soda kue                      : Rp  3.000

*  Blue Band                    : Rp  5.000

*  Pewarna kuning        : Rp  3.000

*  Fermipan                    : Rp  3.000

Jumlah                                    : Rp. 53.000

b)      Bahan Taburan

*  Kacang tanah 1/2 kg   : Rp  5.000

*  Meises                              : Rp  5.000

*  Keju                                  : Rp 11.000

* Susu kental manis        : Rp  7.000

* Wijen                                 : Rp  5.000

      Jumlah                       : Rp. 33.000

c) Modal

* Bahan baku + Bahan taburan + Bahan baku tambahan + Ongkos angkut

Rp 53.000 + Rp 33.000 + Rp 25.000 + Rp 500  = Rp 111.500

*  Perhitungan Keuntungan

Harga Jual: Rp 12.000 x 40 porsi =     Rp 480.000

* Harga Pokok Produk perunit:

–          Harga beli bahan baku                  : RP 2.150

–          Harga beli bahan tambahan        : RP 625

*  Ongkos angkut                                         : Rp 50 Rp 3.275

    Jumlah Hpp: Rp 3.275 x 40 porsi = Rp 131.000

     Laba kotor                                    = Rp 349.000

Biaya penjualan:

  • Biaya pembuatan brosur      : Rp 30.000
  • Biaya transportasi                   : RP 30.000
  • Biaya sewa tempat                  : Rp 25.000
  • Biaya listrik dan air                : Rp 10.000
  • Biaya komunikasi                    : Rp 20.000
  • Biaya lainnya                            : Rp 10.000

      Rp 125.000 Laba bersih          : Rp 224.000

Perhitungan margin keuntungan

Rp 224.000 x 100% = 46,66% Rp 480.000

8)      Penutup

Harapan saya untuk produk “Martabak Manis” Adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Aconsultant System Ritel Sumatera Barat

Software & Program Kasir, Minimarket, Gudang, Apotek, Rumah Makan, Hotel, Rumah Sakit, Laundry, dan lain-lain ( Padang - Bukittinggi - Pariaman - Solok - Pasaman - Sawahlunto - Pesisir )

Bang Ori Gagah

Kepada Dzat Maha Gagah, Ku Berserah dan Pasrah

Marketing Tulen

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

Pelataran Villa Jumi-E

Jaga hatimu di Kota Padang

%d blogger menyukai ini: