Keong Mas

Keong-emas
Keong mas adalah sebuah dongeng dari jawa, ada beberapa versi dongeng Keong Emas. Berikut beberapa versi dongeng Keong Mas:

Versi pertama

Dongeng ini menceritakan tentang Dewi Limaran, istri dari Pangeran Raden Putra. Saat ia sedang berjalan-jalan di taman, ia menemukan sebuah keong di salah satu bunga dan kemudian melemparnya. Keong itu ternyata adalah seorang penyihir jahat yang sedang menyamar.

Untuk membalas dendam, si penyihir mengubah sang putri menjadi keong mas. Pada suatu hari, seorang janda memancing di suatu sungai. Saat ia pulang, ia menemukan sebuah keong berwarna emas di antara tangkapannya. Keesokan harinya saat ia pulang ke rumah, ia mendapati rumahnya telah dibersihkan seluruhnya.

Karena rasa ingin tahunya, keesokan harinya, ia berpura-pura pergi ke luar rumah, namun kemudian mengintip kembali. Ia kemudian melihat seorang anak perempuan cantik sedang membersihkan rumahnya. Saat ia menemukan ini, ia mengerti apa yang terjadi dan kemudian melempar cangkang keong tersebut ke sungai untuk mematahkan kutukannya. mana cerita aslinnya (KEVIN R).

Versi kedua

Putri Galuh yang iri hati dengan adiknya sendiri, bernama Candra Kirana. Lalu dia menyuruh dukun untuk mengubahnya menjadi keong emas. Putri Candra Kirana yang diubah kemudian dibuang ke laut, dan ditemukan oleh seorang nenek bernama Nenek Dadapan yang kemudian memeliharanya, diletakkan di dalam tempayan air.

Setiap pagi Nenek Dadapan pergi, dan sewaktu pulang selalu mendapati makanan yang telah disediakan selalu habis. Karena penasaran, Nenek Dadapan lalu suatu hari bepura-pura pergi kerja lalu ia mengendap-endap di rumahnya sendiri dan mendapati keong emas berubah menjadi puteri. Putri Candra Kirana lalu menjelaskan kepada Nenek Dadapan bahwa hanya jika seorang pangeran jatuh cinta padanya.

Penggunaan Nama Keong Mas

Teater IMAX Keong Emas yang terdapat di Taman Mini Indonesia Indah dibuat menyerupai sebuah keong mas raksasa.(WIKIPEDIA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Aconsultant System Ritel Sumatera Barat

Software & Program Kasir, Minimarket, Gudang, Apotek, Rumah Makan, Hotel, Rumah Sakit, Laundry, dan lain-lain ( Padang - Bukittinggi - Pariaman - Solok - Pasaman - Sawahlunto - Pesisir )

Bang Ori Gagah

Kepada Dzat Maha Gagah, Ku Berserah dan Pasrah

Marketing Tulen

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

Pelataran Villa Jumi-E

Jaga hatimu di Kota Padang

%d blogger menyukai ini: