Musda KNPI Pasaman Dan UU KePemudaan

Copy of Foto1101  Jumi.E.S.Th.I
(Pemuda Pasaman)

 

Sejarah telah mencatat bahwa sebelum Indonesia merdeka Negara ini banyak sekali memiliki organisasi kePemudaan. Setelah Indonesia merdeka pun masih memiliki berbagai organisasi kePemudaan yang dikelompokkan didalam wadah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Beberapa hari lagi musyawarah daerah (Musda) KNPI Pasaman akan digelar dalam rangka pemilihan ketua DPD KNPI Pasaman periode 2013-2016.  Beberapa bakal calon ketua telah mulai berdatangan melengkapi persyaratan yang ada demi mengikuti pemilihan akbar Pemuda Pasaman tersebut.

KNPI adalah salah satu wadah untuk menghimpun Pemuda tanpa pandang bulu agar bisa berkarya untuk daerah, Bangsa dan Negara. Pada Musda DPD KNPI Pasaman kali ini, Ada hal menarik dan menjadi sorotan bagi panitia, peserta pada Musda KNPI Pasaman periode ini. Sudah menjadi rahasia umum bagi kita semua, bahwa hal-hal mengenai Kepemudaan Indonesia dapat dibaca dalam UU No.40 tahun 2009.

Undang-Undang Nomor 40/2009 tentang kepemudaan membatasi usia pengurus aktif dalam organisasi kepemudaan yaitu mulai usia 16 hingga 30 tahun. Dengan kata lain Musda KNPI Pasaman dalam menentukan calon ketua periode 2013-2016 adalah Pemuda asli dari Kabupaten Pasaman yang hanya berusia 16 -30 tahun dan harus aktif di dalam organisasi kepemudaan, Menurut hemat saya berfikir, jika terdapat bakal calon ketua KNPI Pasaman kedepan yang berumur diatas 30 tahun silahkan bergabung diorganisasi kemasyarakatan (ormas) saja.

Musda KNPI adalah acuan tertinggi dalam penyatuan gerakan Pemuda, KNPI Pasaman harus mampu mengharumkan, menaikkan kembali harga diri dan jati diri organisasi kepemudaan untuk terus maju dan berdedikasi tinggi untuk kemajuan , pembangunan suatu daerah, Bangsa dan Negara.

KNPI merupakan salah satu agent Kontrol sosial yang terus mengawasi, memantau serta mengkritisi setiap kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah. Sikap kritis seorang Pemuda tidak terletak kepada kepetingan pribadi, kelompok tetapi harus berani membela kepentingan Pemuda secara keseluruhan demi kemajuan dan perubahan serta kemajuan bagi daerah, Bangsa dan Negara.

Namun, Apa jadinya jika UU No. 40 tahun 2009  tentang kepemudaan tidak menjadi acuan dalam Musda KNPI Pasaman kedepan, Menurut saya akan terjadi berbagai pembodohan karakter terhadap generasi muda, kreatifitas Pemuda akan terus dihambat, dikekang bahkan Pemuda yang diharapakan bisa berperan aktif dalam estafet kepemimpinan tidak akan pernah ada dihadapan kita bersama dikarenakan yang memimpin Pemuda bukanlah orang yang berstatus Pemuda melainkan orang yang sudah tua dalam segi umurnya.

Untuk itu, Sangat diharapkan pada Musda sekaligus pemilihan bakal calon ketua DPD KNPI Pasaman periode 2013 – 2016 yang akan ditentukan hasilnya dari keputusan berbagai organisasi kepemudaan (OKP) di kabupaten Pasaman, Pada waktu yang relatif singkat ini masih ada peluang berfikir bagi OKP kabupaten Pasaman untuk mengubah nasib pemuda pasaman dengan cara menyatukan suara dan menyatakan sikap secara bersama untuk menyepakati bahwa apa-apa yang terdapat dalam UU No 40 tahun 2009 seperti batasan usia Pemuda harus menjadi pasal yang paling mengemuka pada saat Musda KNPI Pasaman berlangsung, Jika tidak diterapkan, saya hanya bisa mengatakan habislah sudah Pemuda Pasaman.

 “Semangat kepemudaan adalah semangat berkarya untuk bangsa”

informasi lengkapnya klik saja di portal padang media:

http://www.padangmedia.com/3-Berita/78943-Musda-KNPI-Pasaman-dan-UU-Kepemudaan.htm 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Aconsultant System Ritel Sumatera Barat

Software & Program Kasir, Minimarket, Gudang, Apotek, Rumah Makan, Hotel, Rumah Sakit, Laundry, dan lain-lain ( Padang - Bukittinggi - Pariaman - Solok - Pasaman - Sawahlunto - Pesisir )

Bang Ori Gagah

Kepada Dzat Maha Gagah, Ku Berserah dan Pasrah

Marketing Tulen

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

Pelataran Villa Jumi-E

Jaga hatimu di Kota Padang

%d blogger menyukai ini: