Puti Sangka Bulan (Cerita Anak Nagari Sundata)

_DSC0502
Di lingkungan masyarakat kabupaten Pasaman nama Sangka Bulan sudah dikenal luas, namun sebatas nama pada umumnya. Puti Sangka Bulan adalah istri Rajo Syahbanda, raja yang pernah berkuasa di nagari sundata bebrapa abad yang lalu.

Dari segelintir kisah ia pernah berhadapan dengan Rajo Songek Bauang atau Rajo Sipatukah, ini artinya Rajo Syahbandar dan puti Sangka Bulan hidup pada abad ke 16. Karena Rajo Sipatukah itu yang dimaksud adalah Portugis, dan Portugis masuk ke selat Malaka pada abad ke 16.

Nama Puti Sangka Bulan membawa kita ke image sankar bulan, image ini membingungkan sekali. untuk kata sangkar bulan dalam kosa kata bahasa minang aneh dan janggal karena sangka mirip bulan itu tak mungkin apalagi bulan yang didalam sangkar juga janggal. Sepertinya kata sangkabulan adalah pelapasan yang kurang tepat atau bisa disebut telah bergeser dari kata semula dan menyimpang jauh.

Adakah kata yang lebih mencerminkan kata aslinya? dari sebuah cerita dari orang tua saya mendengar kata sangka bulan berasal dari kata Puti Sangko Bulan yang artinya puti Disangko Bulan, penggambaran kecantikan dan keagungan seorang wanita. Ini lebih masuk akal dan sejalan dengan legenda tentang Puti Sangka Bulan itu sendiri.

Dalam kisah legenda itu disebut Puti Sangka Bulan adalh seorang wanita cantik dan di sukai oleh rajo Songek Bauang. Rajo Syhabanda juga sangat menyukainya. Maka saat raja Songek Bauang hendak menikahi Puti Sangka Bulan rajo Syah bonda merebutnya dan melarikannya ke Sundata dan sampai akhir hayatnya mereka menetap di Sundata, Puti Sangka Bulan dan Rajo Syahbanda kuburnya di Banio Tinggi di atas Padang Loweh, Sei Pandahahn Sundata Kecamatan Lubuk Sikaping Pasaman Sumatera Barat.Puti Sangka Bulan adalah puti disangko bulan atau puti seperti bulan kecantikan dan keagungannya.

By: Nagari Sundata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Aconsultant System Ritel Sumatera Barat

Software & Program Kasir, Minimarket, Gudang, Apotek, Rumah Makan, Hotel, Rumah Sakit, Laundry, dan lain-lain ( Padang - Bukittinggi - Pariaman - Solok - Pasaman - Sawahlunto - Pesisir )

Bang Ori Gagah

Kepada Dzat Maha Gagah, Ku Berserah dan Pasrah

Marketing Tulen

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

Pelataran Villa Jumi-E

Jaga hatimu di Kota Padang

%d blogger menyukai ini: