Mengurai Beberapa Rangkaian Kegiatan HUT Kab.Pasaman ke-68

Kabupaten Pasaman adalah salah satu kabupaten dipropinsi Sumatera Barat, Ibu kota kabupaten ini terletak di Lubuksikaping. Kabupaten Pasaman sebagai salah satu kabupaten yang terus berkembang dari waktu kewaktu, tentu melalui proses yang begitu panjang dan memiliki berbagai cerita dar setiap tahap perkembanganya.
download (2)

8 Oktober 1945 adalah awal berdirinya Kabupaten Pasaman. Pada saat ini, 08 Oktober 2013 merupakan HUT Kabupaten Pasaman ke-68. Berbagai rangkaian kegiatan acara akan diselenggarakan oleh pemkab Pasaman. Ada satu hal yang menarik dari berbagai kegiatan dalam rangka HUT Kabupaten Pasaman, kali ini saya akan mengurai beberapa rangkaian perayaan HUT Kabupaten Pasaman sebagai berikut:

  1.  Acara Puncak Titik Kulminasi.

    Titik Kulminasi adalah: Titik kulminasi matahari merupakan fenomena alam ketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa atau nol derajat. Pada saat itu, posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan Bumi. Tidak semua daerah diIndonesia yang memiliki keajaiban tersebut, Kabupaten Pasaman memiliki keajaiban tersebut di bonjol (equator) dan kota Pontianak.

    Titik Kulminasi merupakan agenda rutin bagi setiap kabupaten/kota yang memiliki peristiwa tersebut. jika dikabupaten Pasaman memiliki keajaiban tersebut dan jika diperingati dengan serangkaian kegiatan seremonial otomatis kegiatan tersebut tidak akan berbekas. lalu, bagaimana seharusnya, kita melihat kota pontianak yang juga memiliki keajaiban titik kulminasi, setidaknya dari perayaan rutin menyambut titik kulminasi ada sebuah tugu khatulistiwa yang menandakan bahwa kota tersebut memiliki keajaiban titik kulminasi, sekarang kita bertanya, Adakah tugu khatulistiwa dikabupaten Pasaman untuk membuktikan bahwa kabupaten ini memiliki keajaiban titik kulminasi, saya kira ini pertanyaan besar yang harus dijawab oleh pemkab pasaman..???QtGmx7hOwN                                                                                                      Tugu Khatulistiwa Pontianak

     

  2. Lomba nyanyi usia 42 keatas.

    Bernyanyi adalah melafalkan syair sesuai nada, ritme, dan melodi tertentu hingga membentuk harmoni.  Apa urgensi dari kegiatan yang satu ini, Apa untuk menghasilkan penyanyi-penyanyi terbaik usia 42 tingkat kabupaten atau apa..??. instan pemikiran saya, acara satu ini tidak memberikan sumbangsih yang maksimal untuk pembangunan pasaman kedepan.

    images

  3.  Lomba Burung Berkicau Tingkat SUMBAR

    Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. kita langsung saja pada salah satu lomba yang diadakan dalam rangka HUT Kab.Pasaman yang ke-68. Seharusnya hewan sejenis burung harus dijaga habitatnya. dengan adanya lomba kicau burung ini menandakan burung sudah mencari incaran bagi orang banyak. sehingga burung diburu dan bisa menganggu habitatnya kedepan. Apakah Kabupaten Pasaman tidak memiliki program untuk mencintai lingkungan dan melestarikan alam, sehingga acara seperti kicau burung menjadi kegiatan yang tak dilupakan dalam HUT Pasaman kali ini. images (1)

  4. Lomba Busana Muslim

    Islam tidak pernah mengajarkan untuk melombakan cara berpakaian didepan umum akan tetapi mengajarkan umatnya menuntut auratnya. Kegiatan ini sudah sangat melenceng dari tuntunan syariat yang ada. Apakah setelah lomba busana muslim semua orang pemkab pasaman akan menutup auratnya dalam kehidupan sehari-hari. dalam syariat islam tidak pernah ada namanya lomba busana muslim tp kewajiban menutup aurat bagi umatnya. saya fikir, ini perlu dikroscek lagi.

    download

  5. Tabligh Akbar Bersama Solmed

    Semua orang kenal dengan Solmed, mulai dari permasalahan dirinya yang heboh dibicarakan diberbagai media dinegara ini. menurut saya, sosok Solmed cukup memberikan tanda tanya besar bagi kita bersama tentang dirinya. semua sudah tahu, seperti apa ustaz ini, Apakah tidak ada uztaz lain yang lebih cukup bersih ketenaranya. saya fikir, masih banyak ustaz yang lebih baik dari ustaz solmed. Kenapa ustaz yang penuh kontroversi ini diundang oleh pemkab pasaman. Apakah pemkab tidak mengikuti perkembangan ustaz ini dan sebagainya. suatu kefatalan menurut saya yang telah diambil pemkab untuk menghadirkan ustaz tersebut.images (2)

  6. Pemilihan Uda Uni Pasaman

    Apa urgensi dari program uda dan uni ini. memperkenalkan daerahnya, apakah tidak ada lembaga pemerintah yang lebih bijakasana dalam menjelaskan potensi-potensi kabupatenya. seberapa besar pengaruh uda uni pasaman dalam pembangunan Pasaman, ini hanya sekedar lomba yang merupakan kegiatan seremonial saja. seharusnya ada kegiatan yang lebih baik dari kegiatan tersebut, seperti: memberikan pelatihan-pelatihan kerja kepada generasi muda, membentuk kelompok pelajar dan pemuda  dll sebagainya.

    download (1)
    itulah beberapa kegiatan yang perlu dievaluasi, jika mau pasaman lebih meningkat dari SDM, perbaharuilah cara berfikir yang lebih memberikan perhatian terhadap pembangunan pasaman kedepan. mohon maaf jika ada kesalahan. Terima kasih.BY      : Jumi E. 
    Note : Berfikirlah, Berfikirlah, Berfikirlah…………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Aconsultant System Ritel Sumatera Barat

Software & Program Kasir, Minimarket, Gudang, Apotek, Rumah Makan, Hotel, Rumah Sakit, Laundry, dan lain-lain ( Padang - Bukittinggi - Pariaman - Solok - Pasaman - Sawahlunto - Pesisir )

Bang Ori Gagah

Kepada Dzat Maha Gagah, Ku Berserah dan Pasrah

Marketing Tulen

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

Pelataran Villa Jumi-E

Jaga hatimu di Kota Padang

%d blogger menyukai ini: